Saturday, October 4, 2014

Teks Laporan Obsevasi (Arya Wiranegara)



TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI 





 Es dawet

                Tahukah anda di Indonesia terdapat banyak minuman tradisional, salah satunya adalah es dawet. Es dawet adalah minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras, air, santan dan gula jawa cair.
            Dawet memiliki tekstur agak kenyal, lembek dan memiliki rasa yang khas karena terbuat dari  tepung beras yang dicampur dengan air hangat dan pewarna alami seperti daun suji yang memberi warna hijau bisa juga batang padi bakar yang memberi warna hitam pada es dawet.
            Es dawet biasanya ditempatkan pada wadah yang terbuat dari tanah liat, dan disajikan di gelas atau di plastik, biasanya para penjual menambahkan potongan nangka pada gula jawa agar memberi aroma yang harum pada es dawet saat disajikan.
            Es dawet biasanya terdapat pada upacara kerajaan, hajatan, menu buka puasa, atau sebagai minuman untuk menghilangkan rasa haus. Minuman ini biasanya dijual di restoran, tempat wisata, rumah makan, di sekolahan, maupun di pinggir jalan.
            Tetapi banyak diantara pedagang es dawet yang berbuat curang dengan menambahkan bahan-bahan yang tidak boleh dikonsumsi seperti borak/tawas sebagai pengenyal, formalin sebagai pengawet, pewarna buatan maupun pemanis buatan yang dapat merusak organ tubuh dalam jangka waktu yang lama.
            Jadi kita harus berhati-hati saat mengkonsumsi dan pandai memilih agar tidak salah saat mengkonsumsi minuman es dawet. Dan kita harus pandai membedakan yang mana es dawet yang tanpa pengawet dan yang menggunakan pengawet buatan.

Nama : Arya Wiranegara
Kelas : X MIA 3
Absen : 03

No comments:

Post a Comment