Saturday, October 4, 2014

laporan observasi Bir pletok

laporan observasi
Bir pletok

Di susun oleh : 
NAMA  : MUHAMMAD FAISHAL AFFIANTO
KELAS : X MIA 3
NO        : 23     
Pernakah kalian mendengar kata bir ? Tentu sudah  sering terdengar di telinga kita. Umumnya kata bir berhubungan dengan alkohol, namun bir yang satu ini tidak mengandung alkohol. Bir ini adalah bir pletok.
Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitujahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.
 Minuman ini bisa di kemas dalam keadaan botol atau gelas (dalam keadaan cair), dan dalam kemasan plastik atau kardus (dalam keadaan bubuk). Minuman ini bagus untuk kesehatan, karena terbuat dari rempah-rempah. Minuman ini juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. "Bir pletok ini pedes dan anget. Di badan dan diperut jadi hangat apalagi kalau diminum malem anget banget," kata Jokowi.

            Setelah selesai di masak, bir bisa langsung di sajikan dalam gelas dan di minum. Bir juga bisa di ekstrak, dan di olah menjadi bubuk, lalu di kemas dalam kemasan plastik.

dalam kemasan botol atau gelas

dalam kemasan plastik atau kardus
                                                                                
Bahan pembuatan bir pletok 
















No comments:

Post a Comment