Friday, October 3, 2014

TEKS LAPORAN MENGELOMPOKKAN BERBAGAI JENIS MINUMAN (YULI DWI PRASTIWI)



LAPORAN MENGELOMPOKKAN BERBAGAI JENIS MINUMAN

“Infused Water”

(Air Infus)

Disusun Oleh:
Yuli Dwi Prastiwi
X MIA 3 / 37
SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO






Assalamualaikum Wr. Wb.

Manusia di dalam tubuhnya memerlukan mineral yang berguna sebagai nutrisi penting untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegah penyakit. Dengan kata mineral, yang akan kita pikirkan adalah sebuah cairan seperti air ataupun jenis-jenis minuman lainnya. Dalam memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh kita akan memenuhinya dengan minum ataupun dari sumber makanan yang mengandung mineral.

Memperoleh mineral dengan cara meminum sebuah minuman yang berarti  memasukkan sebuah cairan melalui mulut dan menelanya yang akan masuk kedalam tubuh. Salah satu jenis minuman yang akan dibahas adalah infused water (Air Infus).

Infused Water (Air Infus) adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga menjadikan rasa air putih yang tertentu sesuai dengan bahan yang telah ditambahkan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Infused water (Air Infus) baru ini menjadi trend di indonesia dan kebanyakan disukai oleh anak-anak remaja. Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya. Umumnya jenis buah yang dipakai adalah buah dengan rasa cenderung asam, seperti misalnya jeruk, stroberi, lemon, kiwi, dll. Dan juga dengan tambahan herbal, seperti daun mint, kayu manis dll.

Keunggulan air infus atau infused water adalah :
-         Membantu kita agar menkonsumsi air lebih banyak dan  membantu mereka yang tidak terlalu suka buah agar lebih menyukai buah.
-         Buah dan herbalnya memberi banyak manfaat bagi tubuh.
-         Membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) dalam tubuh.
-         Membantu mengendalikan berat badan.

Cara Membuat Air Infus
-          Persyaratannya adalah buah harus dalam keadaan segar dan matang yang optimal. Jangan buah-buahan mentah karena banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama belum matang.
-           Cucilah buah/herbal sebelum di iris.
-          Dalam setengah liter bisa di isi dengan 10-15 potongan tipis buah. Lalu simpan dalam kulkas dan diamkan selama 6-12 jam agar sari patinya keluar.
-          Air siap dikonsumsi. Disarankan mengkonsumsi air infus sebelum makan agar gizinya bisa langsung diserap tubuh.
-         Penting untuk di ingat bahwa buah-buahan yang telah dipakai untuk infused water dapat digunakan sekali lagi. Jadi maksimal adalah dua kali pemakaian. Jika di simpan dalam lemari pendingin, infused water bisa bertahan hingga 2-5 hari.
Resep Infused Water (air infus)

Bahan-bahan

air putih
500 ml
timun jepang
1 buah
Jeruk Nipis
1 buah
daun mint
10 lembar
strawberry
0 lembar
Jeruk
0 lembar

 

 

 

 

Cara membuat

1.       Siapkan semua bahan: timun, jeruk nipis, daun mint. untuk herbalnya tidak harus daun mint, bisa rosemarry atau daun thyme. 

2.       Campurkan buah yang sudah diiris dengan air, masukkan daun mint. Buah sebaiknyaa agak ditekan2, jeruk ya diperas sedikit supaya sarinya keluar.

3.       Simpan dalam kulkas selama minimal 5 jam, kemudian dikonsumsi. sebagai informasi, campuran ini bisa direfill maks 3 kali. Artinya, setelah air habis, bisa tambahkan air lagi, dan kembali diendapkan di kulkas. Tapi sebaiknya dikonsumsi ga lebih dari 24 jam sejak buaj direndam, untuk dapat sari buahnya. buah yg digunakan sebaiknya yg tidak manis. Buah terbaik utk infused water misalnya apel, nenas, belimbing, strawberry, jeruk, timun.



Nanas Daun Mint
 Cara seperti di atas.
















Jeruk Daun Mint
 Cara seperti di atas.
















Strawberry Daun Mint
 Cara seperti di atas.
Semoga bermanfaat....

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Sumber:


http://dapurmasak.com/resep/simply-infused-water-3905?ref=author_kitchen_recipe

No comments:

Post a Comment