Saturday, October 4, 2014

Laporan Observasi Ice Cream



Laporan Hasil Observasi
“ Ice Cream”








Nama : Meme Mellynda Agustyne
No : 19
Kelas : X mia 3


UPT SMA Negeri 2 Kota Mojokerto
Tahun Pelajaran 2014/2015




Ice cream
     Kalian pasti tau minuman yang satu ini.minuman dingin yang pasti disukai semua orang didunia karena rasanya manis dan lembut.yak! minuman itu adalah ice cream.
     Es cream adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar.
v Jenis-jenis ice cream yang terkenal di dunia:
1. Gelato
Gelato  adalah sebuah ice cream dari Italia yang memiliki arti beku dari kata 'gelare'. Ice cream gelato dikenal lebih kental daripada ice cream biasanya. Makanya ice cream jenis ini sering ada di kawasan pantai, lebih padat dan dingin. Adonannya yang penuh dengan telur membuat gelato makin padat dan enak. Campuran susunya pun mempergurih ice cream yang dingin tersebut. Meskipun gelato padat, namun dikandungannya tidak mengandung lemak yang tinggi, sehingga gelato ini digemari meskipun harganya lebih mahal.
2. Sorbet
Sorbet, sajian ice cream yang terbuat dari jus buah ditambahkan pemanis. Adonan sorbet adalah hasil penggilingan buah hingga halus dan tidak melalui proses memasak agar terasa kesegaran buahnya. Sorbet pun tidak menggunakan campuran susu atau telur sehingga rasa buahnya akan terasa segar. Serat yang ada pun bermanfaat untuk pencernaan. Namun jangan kaget kalau rasanya alami buah-buahan dan teksturnya tidaklah begitu lembut. Kalau mau yang ada campuran lemaknya (susu atau telur) ada ice creamnya bernama Sherbet.
 3. Sherbet
Sherbet hampir sama dengan Sorbet yang berbeda hanya adonan nya saja, yang mengandung banyak lemak .
 4. Es Krim Frozen Yoghurt
Ice cream ini di buat dari yoghurt yang di tambah dengan perasa makanan dan stabilizer es krim. Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan es krim. Frozen yoghurt bisa menjadi alternatif untuk pecinta es krim yang sedang berdiet di kerenakan kandungan lemaknya rendah atau bahkan tidak ada.
5. Dondurma
Ice cream LEZAT ini berasal dari Turki. Dengan bahan susu, gula, krim, dan mastic. di Turki, ice cream yang populer adalah dondurma,ice cream yang terbuat dari susu kambing dengan paduan sachlav (akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan).
6. Es Puter
 di Asia Tenggara seperti di Indonesia dan MAlaysia kita mengenal Es Puter yang di buat dari santan tanpa menggunakan krim. Cita rasa yang di pakai juga khas Indonesia, seperti Kopyor, Advokad dan Kacang Hijau.
5. Kulfi
            Di India, ice cream yang populer dengan sebutan Kulfi dibuat dari susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga, dan saffron.
6. Es Krim Teh Hijau Macha
Di Jepang, ice cream di buat dari Teh Hijau Maccha ice cream dan kacang merah ogura, ada juga ice cream mochi yang memang di buat dari adonan kue mochi.

MOCHI ICE CREAM
Ice cream juga dapat dibagi berdasarkan variasi rasa separti rasa coklat,vanilla, berbagai macam buah-buahan dan ada inovasi terbaru seperti rasa the dan kopi.Dan juga ada ice cream yang sengaja dibuat dengan jumlah besar dan di ekspor.seperti:magnum,walls,concerto,dll.
Selain inovasi rasa juga ada inovasi jenis ice cream yaitu ice cream bakar/goreng. Es cream goreng merupakan makanan atau inovasi ice cream yang unik dan menggiurkan. Yaitu adalah ice cream yang dibungkus ke dalam suatu bahan adonan yang sudah matang, lalu digoreng namun ice cream di dalamnya tetap dalam keadaan dingin dan tidak meleleh tapi bahan di luar adalah panas.
Ice cream biasa digunakan sebagai dessert pada jamuan makan,dan biasanya disajikan menggunakan waffle,cookies,buah-buahan,coklat dll.
Kita juga bisa membuat ice cream sendiri di rumah dg berbagai cara yang bisa kalian temukan di google.:)

No comments:

Post a Comment