Saturday, October 4, 2014

Laporan Hasil Observasi “Es Dawet”

Laporan Hasil Observasi
“Es Dawet”

Disusun Oleh :
Muhammad Afif
X MIA 3 / 22
SMA Negeri 2 Mojokerto
Tahun Pelajaran 2014/2015


Minuman yang disajikan dalam keadaan dingin ini sering kali menjadi favorit kebanyakan orang terlebih untuk melepas dahaga atau sekedar mendinginkan tubuh setelah beraktifitas, salah satu contohnya adalah Es dawet minuman ini biasanya dijual di pinggir” jalan / di restaurant”

Minuman Es dawet ini mempunyai bermacam-macam nama di berbagai daera salah satunya di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dan jawa timur dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih.
Cara membuat es dawet : Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut 'nyendol'.             
                    
Dawet adalah makanan/minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Dawet mengandung energi sebesar 878 kilokalori, protein 11,25 gram, karbohidrat 175,37 gram, lemak 14,9 gram, kalsium 163 miligram, fosfor 230 miligram, dan zat besi 2,28 miligram.  Selain itu di dalam Dawet juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 2 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Dawet, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
formaInsi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Dawet :
Banyaknya Dawet yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 

Bagian Dawet yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Dawet = 878 kkal
Jumlah Kandungan Protein Dawet = 11,25 gr
Jumlah Kandungan Lemak Dawet = 14,9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Dawet = 175,37 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Dawet = 163 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Dawet = 230 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Dawet = 2,28 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Dawet = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Dawet = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Dawet = 2 mg
Khasiat / Manfaat Dawet : - (Belum Tersedia) 
                 
Cara penyajian Es Dawet terbilang cukup bervariasi. Karena Es Dawet dapat dikombinasikan dengan es, buah,santan,cincau dan dalam bentuk ice cream. Ini contohnya :




No comments:

Post a Comment