Friday, October 3, 2014

TEKS LAPORAN MENGELOMPOKKAN JENIS MINUMAN

OLEH : SITI NUR FAIDAH
NO : 33
KELAS : X MIA 3
SMAN 2 KOTA MOJOKERTO


JAMU SINOM
Tahukah kalian apa itu jamu sinom? jamu sinom adalah minuman jenis jamu khas Indonesia. Minuman ini mudah ditemui di pulau Jawa, karena cara pembuatannya yang mudah dan bahan-bahannya yang mudah didapat.
            Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Jamu kini banyak digemari masyarakat karena beberapa hal diantaranya adalah karena mengandung bahan herbal dan jarang menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya maupun proses pembuatannya. Dengan mengkonsumsi jamu seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa khawatir efek samping. Banyak manfaat meminum jamu, diantaranya adalah untuk kesehatan dan kecantikan bagi kaum haum hawa. Contoh jamu yang sering kita jumpai adalah jamu sinom.
            Jamu sinom adalah minuman jenis  jamu dari jawa khas Indonesia yang bahan dasarnya terbuat dari daun buah asam yang masih muda yang disebut sinom, dan bahan pendukung lainnya adalah gula asli, buah asam jawa yang masih muda , kunyit, air. Jamu sinom memiliki sensasi rasa segar dan enak, cocok dinikmati saat melepas dahaga dan penat. Selain itu, jamu sinom juga memiliki manfaat yang lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
            Manfaat jamu sinom jika dilihat dari per bahan adalah sebagai berikut  asam jawa
bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki peredaran darah, mengurangi nyeri haid, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mencegah rambut rontok. daun asam (sinom) bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan menghilangkan rasa sakit. Kunyit bermanfaat mengurangi sakit ketika haid, membersihkan darah, antibiotik, dan membuat kulit tampak bersih.
            Minuman ini mudah ditemui di berbagai daerah di pulau Jawa, akan tetapi minuman ini sudah tergeser oleh minuman-minuman dari luar negeri yang mayoritas bahan dasar pembuatnnya terbuat dari coklat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita sebagai pemuda-pemudi bangsa harus melestarikan minuman khas dari Indonesia yang sangat banyak khasiatnya bagi tubuh.
 

No comments:

Post a Comment