Saturday, September 13, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI UKS SMAN 2 MOJOKERTO


                



  
KELOMPOK VII
NamaAnggota :
·        AryaWiranegara                 (03)
·        BiyantikaEmiliTriasari      (07)
·        Nevi Jutalim                        (25)

























                                    
UKS singkatan dari usaha kesehatan sekolah.UKS adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilakukan secara terpadu, sadar, terencana, dan bertanggung jawab dalam menananmkan, membentuk, mengembangkan, dan membimbing untuk menghayati, menyenangi, dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari sehingga diharapkan dapat menjadikan SDM yang berkualitas.
Tujuan UKS adalah menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, meningkatkan prestasi belajar, meningkatkan mutu pendidikan. UKS mempunyai lambang segitiga sama sisi, didalam segitiga terdapat lingkaran yang menyinggung segitiga. Didalam segitiga terdapat tulisan UKS yang ditulis mendatar dan vertikal dan huruf “K” berada di tengah-tengah.
Didalam UKS terdapat benda mati dan benda hidup. Benda hidup yaitu : siswa yang sakit dan penjaga UKS. Benda mati dibedakan menjadi dua, yaitu : peralatan kesehatan dan hiasan. Di peralatan kesehatan terdapat obat-obatan untuk mengobati siswa yang sakit, alat ukur dibedakan menjadi dua yaitu : timbangan untuk mengukur berat badan, alat ukur tinggi badan untuk mengukur tinggi badan. Terdapat tandu untuk mengangkut siswa saat sakit dan tidak kuat berjalan, tempat tidur untuk istirahat bagi siswa yang sakit, wastafel untuk mencuci tangan atau benda agar steril, perpustakaan mini

Di dalam UKS juga terdapat perpustakaan mini. Disana terdapat buku-buku kesehatan. Hiasan juga terdapat di UKS, seperti : piagam, jam dinding, bunga plastik, hiasan dinding, bendera (bendera merah putih dan UKS).

No comments:

Post a Comment