Friday, September 12, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI KANTIN SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

KANTIN SMAN 2 KOTA MOJOKERTO


Kantin sekolah adalah sebuah ruangan dalam sebuah gedung sekolah yang dapat digunakan para siswa-siswinya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli di sana. Kantin sendiri harus mengikuti prosedur tentang cara mengolah dan menjaga kebersihan kantin.Makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal.Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna.Kantin hampir selalu ada di tiap sekolah di Indonesia. Biasanya kantin menjadi tempat berkumpul bagi para murid.  Ramainya kantin disebabkan oleh obrolan siswa-siswi yang makan bersama. Kebanyakan murid menganggap penting kantin sebagai tempat bersosialisasi, tempat berkumpulnya seluruh angkatan. Kantin SMAN 2Kota Mojokerto terletak di bagian paling selatan dari SMAN 2 Kota Mojokerto tepatnya di sebelah kelas XI bahasa dan didepan kebun sekolah.
Kantin SMAN 2 Mojokerto memiliki 6 stand dengan berbagai macam pilihan makanan dan minuman, makanan dapat diklarifikasikan menjadi makanan pokok dan makanan ringan, dan minuman dapat diklarifikasikan menjadi minuman bersoda dan minuman tanpa soda
Makanan pokok adalah makanan yang menjadi gizi dasar. Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, oleh karenanya biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk pauk untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi seseorang dan mencegah kekurangan gizi. Makanan pokok berbeda-beda sesuai dengan keadaan tempat dan budaya, tetapi biasanya berasal dari tanaman,baik dari serealia sepertiberas, gandum, jagung, maupun umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar, talas dan singkong. Roti, mi (atau pasta), nasi, bubur, dan sagudibuat dari sumber-sumber tersebut. Contoh makanan pokok di kantin stand bu Sinto SMAN 2 Kota Mojokerto adalah nasi pecel, nasi soto, nasi rawon, bakso, dan mie instan, dengan beraneka lauk pauk.
Makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa laparseseorang sementara waktu dan  memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Makanan ringan yang di jual di stand bu Sinto kantin SMAN 2 Kota Mojokerto sebagai contoh adalah snack, keripik dengan berbagai varian rasa dan bahan.
Minuman bersoda adalah minuman yang tidak mengandung alkohol, minuman ini terbuat dari campuran air dan adalah minuman yang tidak bebas dari campuran zat karbon, minuman jenis ini biasanya sehat bagi tubuh karena bebas dari campuran bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Contoh minuman tanpa soda yang dijual di stand bu Sinto kantin SMAN 2 Kota Mojokerto adalah susu UHT, teh, air mineral,kopi.

NAMA KELOMPOK :
1.      Bayu Soenoehargo                  (05)
2.      Billy Chistufia Yusinda          (06)
3.      Dinda Ayu Kusumawati         (11)
4.      Muhammad Afif                     (22)
5.      Siti Nur Faidah                       (33)




No comments:

Post a Comment