Saturday, September 13, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI KEBUN SEKOLAH

 







Nama Kelompok :
1.  Dendy Fariz Nugroho (08)
2.  Foresta Eka Mardhi Astama (12)
3.  Hasnia Pratiwi (14)
4.  Rifqi Nur Adlir Rahman (30)
5.  Weni Isa Hermilia (35)

Kebun sayur sekolah SMAN 2 Mojokerto
            Kebun sayur adalah tempat yang digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman. Kebun sayur sekolah SMAN 2 Mojokerto yang terletak di sekolah sebelah timur, tepatnya di depan kantin sekolah dan di belakang ruang laboratorium multimedia. Kebun sayur SMAN 2 Mojokerto terdiri dari berbagai macam tanaman dan objek untuk penanaman
            Di kebun sekolah SMAN 2 Kota Mojokerto terdapat berbagai macam jenis tanaman diantaranya adalah sayur,buah,tanaman hias.sayur adalah jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Contoh jenis tanaman sayur meliputi tomat,singkong,cabe,bayam merah, dll. Buah adalah hasil dari tanaman yang mengandung berbagai jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Contoh dari tanaman buah buahan meliputi nangka,mangga,buah naga dan lain lain. Tanaman hias adalah tanaman yang berfungsi sebagai pelengkap atau penghias agar memperoleh kesan estetika. Contoh dari jenis tanaman hias adalah cemara,pucuk merah,puring,dan lain lain. Adapun berbagai macam penyakit tanaman yang menyerah jenis tanaman yang tertentu dikebun sekolah SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, penyakit tanaman ini dapat digolongkan menjadi 3 diantaranya adalah hama,gulma,bakteri atau virus .Hama meliputi ulat dan bekicot. Gulma meliputi benalu,bakteri atau virus meliputi keriting .
            Objek penanaman dapat dibagi menjadi 2 yaitu alat dan bahan. Alat yaitu peralatan yang dibutuhkan pada saat proses penanaman,perawatan,pemanenan. Contoh benda yang tegolong dalam alat adalah cangkul,sekop kecil,cetok dan lain lain. Bahan adalah suatu yang dibituhkan atau diperlukan sebagai pelengkap dalam objek untuk penanaman. Contoh dari bahan meliputi Lahan,pupuk dan lain lain. Lahan digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman, caranya dengan cara membuat bedengan bedengan yang berfungsi sebagai tempat menanam dan bertumbuhnya suatu tanaman tertentu. Pupuk digunakan untuk menyuburkan tanaman.         
            Hasil dari kebun sekolah SMA Negeri 2 Mojokerto seperti sayur dan buah buahan hasilnya akan dijual yang kemudian uangnya digunakan untuk mengelola kebun sayur sekolah kembali atau pun disimpan diuangkas masing masing.

Skema Kebun Sekolah SMAN 2 Mojokerto








Galeri










2 comments:

  1. mau tanya ini kan di smanda ada ekstra BIG yg mengelola kebun sekolah lalu bagaimana peran siswa yg tdk mengikuti ekstra BIG? apakah hanya mengandalkan mapel KWU?

    ReplyDelete
  2. Saya msih kurus sekali ya dulu. time flies so fast. dulu msh inget ada acara latihan upacara hari minggu pagi. sukses semua ya teman2 ku yang sedang berjuang sekarang!!

    ReplyDelete