Friday, September 12, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI KEBUN SEKOLAH SMAN 2 KOTA MOJOKERTO

LAPORAN HASIL OBSERVASI
KEBUN SEKOLAH  SMAN 2 KOTA MOJOKERTO
Kebun merupakan sebuah areal yang berisikan komponen abiotik dan biotik yang saling mendukung dan membentuk sebuah ekosistem.

Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Beberapa contoh komponen abiotik adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim. (Wikipedia)

Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Makhluk hidup berdasarkan ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang mempunyai pengaruh terkuat di bumi ini, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan, atau mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan. (Wikipedia) Selain manusia sebagai faktor biotik, ada juga hewan di sekitar kebun ini. Contohnya Kupu-Kupu, Burung Emprit, Semut dan Laba-Laba.

Begitu banyak manfaat dari sebuah kebun sekolah, selain salah satu sebagai tindakan untuk penghijauan agar sekolah menjadi lebih asri, rindang dan sejuk. Sehingga membuat suasana yang nyaman untuk berada disekolah maupu dalam proses pembelajaran dan mengasah keterampilan siswa karena siswa bisa menanam sendiri bunga maupun pohon yang nanti juga dapat dinikmati hasilnya.

Salah satu kelebihan dari kebun sekolah SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO adalah tumbuhan yang ditanam disini menggunakan pupuk organik, karena itu tempat ini dinamakan INSCADA ORGANIC FARM ZONA 2. Dan uniknya lagi, bunga maupun pohon yang ditanam ditempat ini merupakan pemberian siswa maupun guru. Contoh bunga dan pohon yang tumbuh di kebun ini adalah Pohon Rambutan, Pucuk Merah, Pohon Bintaro, Sawo Kecik, Cemara, Mawar, Anjuan, Pohon Jambu Biji dan Dlondongan Tiang.

Ada pula, sumur dan lubang resapan disekitar kebun sekolah ini. Lubang resapan berfungsi sebagai konservasi air tanah, pengendali banjir juga menekan laju erosi. Lubang resapan ini banyak manfaat yang bisa didapatkan, tapi tidak banyak warga yang sadar akan pentingnya lubang resapan seperti ini. 

Selain itu, fasilitas lain yaitu tempat sampah. Tidak hanya sekedar tempat sampah namun tempat sampah ini dipisahkan antara sampah organik dan non-organik. Pemisahan ini bertujuan untuk memilah sampah yang masih bisa di daur ulang maupun yang tidak. Tak lupa juga, alat kebersihan seperti sapu dan cikrak juga menjadi fasilitas di kebun ini.

Namun, masih ada bagian yang tidak terawat di kebun ini seperti kolam. Padahal bila di manfaatkan, kolam tersebut bisa menjadi tempat budidaya ikan atau fungsi fungsi lain. Ada juga saluran air kering di sepanjang kebun ini yang penuh dengan daun-daun kering. Itu merupakan proyek kita sebagai warga sekolah untuk memanfaatkan lahan yang tersedia.

FOTO HASIL OBSERVASI :


















                                                             

Anggota Kelompok 3 :
-          Ammazonia Diva R ( 02 )
-          Gustiansyah SWP    ( 13 )
-          Husnia Asha             ( 16 )
-          Rizki Fida                ( 31 )

No comments:

Post a Comment