Saturday, September 13, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI KOPERASI SISWA (KOPSIS) SMAN 2 KOTA MOJOKERTO



OBSERVASI KOPERASI SISWA



Nama Kelompok :
Ø Hayu Almira Ramadhanti (15)
Ø Kurniawan Dwi Prasojo (18)
Ø Yuli Dwi Prastiwi (37)


LAPORAN HASIL OBSERVASI KOPERASI SISWA  (KOPSIS) SMA NEGERI 2 MOJOKERTO

   
 Assalamualaikum.Wr.Wb.


K
operasi sekolah atau juga disebut koperasi siswa adalah koperasi yang didirikan di sekolah yang anggotanya sendiri adalah siswa dari sekolah tersebut. Koperasi sekolah ada pada setiap jenjang sekolah dari sekolah dasar (SD) dan jenjang sekolah seterusnya.
Kopersi SMA NEGERI 2 MOJOKERTO berlokasi di bagian timur sekolah bersebelahan dengan musholah sekolah. Koperasi siswa tersebut berfungi untuk memenuhi kebutuhan siswa-siswanya. Keadaan koperasi siswa tersebut cukup baik dan siswa juga  dapat memenuhi kebutuhan sekolah dengan membeli di koperasi sekolah karena barang-barang yang disediakan cukup lengkap. Selain itu, ditembok-tembok dalam koperasi siswa ini dapat dijumpai slogan-slogan seperti: Buanglah sampah pada tempatnya, jagalah kebersihan dan pantaulah berat badan dengan teratur.
Koperasi siswa berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sekolah siswa-siswinya dikoperasi tersebut salah satu kegiatannya adalah kegiatan jual beli yang dikelola oleh Ibu Kristiana sebagai pengelola koperasi serta ibu Anis sebagai pembina koperasi.
Pengelola koperasi bertugas melayani segala kegiatan yang dilakukan siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. Seperti, melayani siswa pada saat membeli alat tulis atau lainnya.
Pada koperasi siswa terdapat juga pembina koprasi yang bertugas mengatur koperasi seperti mengatur keuangan bulanan koperasi siwa. Dan anggota koperasi siswa adalah para siswa itu sendiri.
Koperasi siswa dalam memenuhi kebutuhan para siswanya menjual berbagai kebutuhan siswa seperti: Seragam sekolah, atribut siswa dan terdapat juga jajanan siswa.
Seragam sekolah yang dijual dikoperasi hanya berupa kain yang dijual dengan harga Rp.50.000/meter, serta terdapat juga atribut sekolah yang dijual dikoperasi seperti topi, dasi, dan lainnya. Kedua koperasi juga menjual alat tulis siswa seperti pensil, buku, penghapus dan lainnya. Selain itu koperasi juga menjual jajanan untuk para siswa karena saat waktu istirahat selain ke kantin para siswa juga dapat membeli beberapa makanan di koperasi.

GAMBAR KOPERASI SISWA SMAN 2 KOTA MOJOKERTO


Demikian hasil observasi dari kami. Maaf  bila ada kesalahan, dan kurang jelas. Terima kasih . Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 comment:

  1. Koperasi Siswa maju terus dan sukses untuk nKOPERASI SISWA (KOPSIS) SMA NEGERI 2 MOJOKERTO, semoga dapat menjadi motivasi bagi koperasi yang lainnya

    ReplyDelete