Saturday, September 13, 2014

LAPORAN HASIL OBSERVASI TAMAN DEPAN SEKOLAH SMAN 2 KOTA MOJOKERTO



Tugas B. Indonesia
Observasi Taman Depan SMA Negeri 2 Mojokertos
Kelompok 08
X MIA 3





Nama : 1. Moch. Afif Maulana (21)
            2. Noverio Aji K. (26)
            3. Yantria Debora (36)



Taman Depan Sekolah
Taman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan yang meliputi tanaman. Taman depan sekolah SMA Negeri 2 Mojokerto yang kami observasi terdapat banyak sekali tanaman-tanaman dan hewan yang meliputi 2 unsur, yaitu unsur abiotik dan unsur biotik.
Unsur biotik yaitu komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Di taman depan SMA Negeri 2 Mojokerto terdapat unsur biotik yang terdiri atas tanaman dan hewan. Tanaman terbagi menjadi 2 yaitu yang berkambium dan tidak berkambium. Tanaman yang berkambium meliputi Pucuk Merah, Pohon Mangga, Pohon Maja, dan Bugenvil, dan yang tidak berkambium meliputi Pohon Palem, Three Color, Hujan Emas, Pepaya, Rumput, Lumut di dalam maupun di pinggir kolam ikan. Hewan juga terbagi menjadi 3 yaitu hewan yang hidup di darat, hidup di udara dan hidup di air. Hewan yang hidup di darat meliputi semut, cacing, ulat dan laba-laba. Hewan yang hidup di udara meliputi kumbang, kupu-kupu, burung, nyamuk, lebah, dan capung. Hewan yang hidup di air atau di kolam meliputi ikan nila, gatul, koi, dan jentik-jentik.
Unsur abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Di taman depan SMA Negeri 2 Mojokerto terdapat unsur abiotik yang meliputi air, tanah, batu (Tugu UKS), kayu (Meja dekat kolam), besi (Pagar, tiang listrik dan tiang bendera), kain (Bendera dan spanduk), tali, bambu, selang air, kran air, pipa untuk air mancur pada kolam ikan, lampu taman, kabel, dan sapu.
Demikian hasil observasi yang kami telah lakukan pada taman depan SMA NEGERI 2 Mojokerto. Apabila ada kata yang kurang berkenan di hati pembaca kami mohon maaf sebesar- besarnya. Terima kasih .





No comments:

Post a Comment